Nah, tidak semua orang memiliki gaya hidup yang rapi. Ini adalah fakta kehidupan. Namun ketika Anda harus menghadiri wawancara kerja dan menjadi bagian dari “dunia nyata,” penting bagi Anda untuk setidaknya memberikan kesan yang rapi dan tertata. Post-it® Organization Masters akan menyajikan beberapa kiat untuk membuat Anda seolah mengetahui hal yang terjadi – sekalipun nyatanya Anda tidak memahaminya.
Buatlah beberapa daftar – semakin panjang semakin baik – dan bawalah selama wawancara atau pertemuan kerja saat Anda perlu tampil resmi. Catatlah. Buat banyak catatan. Sekalipun Anda tidak membutuhkan catatan apa pun, tetaplah buat catatan. Semua orang akan berpikir bahwa Anda adalah orang yang rapi ketika Anda membuat catatan.
Ketika Anda terlihat profesional, orang lain akan menganggap Anda benar-benar profesional. Maka, kenakanlah pakaian setelan. Tiada salahnya untuk tampil sangat formal – kecuali jika Anda melakukan wawancara untuk sebuah perusahaan teknologi yang baru berdiri. Maka, mereka mungkin akan menilai Anda. (Dalam situasi ini, coba kenakan kaos bergambar grafis yang dipadu dengan blazer. Anda tidak akan salah pilih.)
Tidak dapat mengingat seluruh kiat wawancara yang selalu orang-orang (seperti kami, misalnya) berikan kepada Anda? Tuliskan segala hal yang harus Anda ingat dan letakkan di sisi dalam map berkas wawancara Anda. Anda pasti memiliki map berkas wawancara, bukan?
Buatlah daftar pertanyaan sebelumnya dan bawalah daftar tersebut. Apabila Anda tidak dapat menemukan pertanyaan yang bagus, cukup ajukan pertanyaan yang memancing pewawancara untuk berbicara lebih banyak, seperti, “Apa yang Anda sukai dari pekerjaan ini?” Selagi mereka menjawab pertanyaan Anda, cobalah untuk berpikir lebih jauh. Serta simak kiat #1.
Ingatlah – pewawancara Anda dulunya hanyalah seseorang yang diwawancarai seperti Anda. Mungkin mereka tidak semenakutkan itu. Siapa tahu? Mungkin mereka juga tidak serapi itu. Anda berdua mungkin sama-sama berpura-pura.