Pernahkah Anda merasa penasaran dengan kegiatan pilot sebelum, selama, dan setelah penerbangan mereka? Begitu juga kami (dan jika mereka juga menggunakan Post-it® Note seperti kita). Ternyata, mereka memiliki segudang catatan penerbangan – dan sejumlah trik untuk memastikan penerbangan mereka berakhir dengan pendaratan yang aman.
Kami memasuki kokpit bersama Mark, seorang pilot perusahaan, untuk mempelajari kewajiban pilot ketika mempersiapkan penerbangan pesawat, menjaga kelancaran penerbangan, dan mempersiapkan pendaratan yang aman.
Apa yang pertama kali dilakukan? Memeriksa kondisi cuaca sebelum lepas landas. Ketika Mark mempersiapkan penerbangan, langkah pertamanya adalah menyalakan radio dan mencari tahu kondisi cuaca di bandara keberangkatan – ini berarti suhu, tekanan barometrik, presipitasi, titik embun, serta arah dan kekuatan angin. Seiring mendengarkan informasi tersebut, dia mencatatnya di atas Post-it® Super Sticky Notes, dan, setelah selesai, dia menempelkannya pada panel kendali sehingga dia serta pilot pendamping dapat melihatnya sewaktu-waktu.
Langkah berikutnya adalah meminta izin lepas landas – artinya Mark menghubungi bagian Kendali Lalu Lintas Udara (Air Traffic Control) dan meminta izin. Petugas pengendali lalu lintas udara memberikan jalur penerbangan yang harus diikuti, menyampaikan ketinggian penerbangan, dan mengirimkan kode yang terpisah agar setiap orang melaksanakan tugasnya masing-masing. Dikutip langsung dari Mark, keselamatan adalah prioritas utama, "Langit memang sangat luas, tapi juga tidak sedikit pesawat yang terbang di sana." Dan di mana semua informasi tersebut ditulis? Di atas secarik Post-it® Note tentunya.
Mengapa menggunakan Post-it® Super Sticky Notes ketika Anda dapat dengan mudah mencetak informasi tersebut? Karena Post-it® Super Sticky Note dapat menempel. Bahkan, Mark menjelaskannya lebih baik daripada kami:
"Saya menyukai Post-it® Super Sticky Note karena Anda tinggal menempelkannya. Mungkin kedengarannya sederhana, tapi terkadang suhu di luar pesawat dapat turun hingga ke bawah titik beku…ataupun ibarat ada di gurun pasir dengan suhu 50-an derajat Celcius – atau lebih dari 100 derajat Fahrenheit – dan benda kecil ini tetap menempel. Inilah alasan saya menyukainya. Hal ini memudahkan kerja kami dalam kokpit karena informasi yang kami butuhkan selalu tersedia.
Dan bagaimana ketika pesawat telah mengangkasa? Setiap pesawat memiliki sesuatu yang disebut dengan "squawk code" – ID terpisah (bayangkan pelat nomor lisensi terbang sekali pakai) yang terus-menerus disiarkan dari pesawat dan membantu pengendali lalu lintas udara mengidentifikasi pesawat agar keberadaan pesawat dapat selalu diketahui. Tentu saja, itu belum mempertimbangkan pengendalian kemudi, menjaga ketepatan pembacaan altimeter, mempertahankan kecepatan yang tepat dengan throttle, mengawasi sistem instrumen dan kewaspadaan kru (tampilan indikator berwarna hijau [A-OK], kuning, [something's wrong] atau merah [emergency]), ataupun memastikan ketersediaan bahan bakar...
Ada banyak hal yang harus dipantau. Namun, menurut Mark, sekali Anda memahaminya, ini adalah salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan dan memuaskan – belum lagi perjalanan yang luar biasa yang dialaminya! Kami suka membayangkan Post-it® Super Sticky Note kami juga menikmati perjalanan ini.
It's a lot to keep track of, but once you get the hang of it, it is, according to Mark, one of the most fun and rewarding jobs out there – not to mention an incredible ride! We like to think the Post-it® Super Sticky Notes are enjoying that ride, too.